INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPDB) SMP 3 CILEUNGSI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Pendaftaran : PPDB SMPN 3 Cileungsi dilaksanakan secara online untuk semua jalur pendaftaraan
a. Pendaftaran : Tanggal 4 – 8 Juli 2022, pukul 08.00 s/d 14.00 wib
b. Verifikasi : Tanggal 4 – 8 Juli 2022 pukul 08.00 s/d 14.00 wib
c. Seleksi : Tanggal 4 – 8 Juli 2022
d. Pelaporan : 14 Juli 2022
e. Pengumuman : Tanggal 11 Juli 2022
f. Daftar Ulang : Tanggal 12 dan 13 Juli 2022

B. Daya Tampung

  1. Jumlah Kelas / Rombongan Belajar yang tersedia di SMP Negeri 3 Cileungsi dalam PPDB tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 10 (Sepuluh) Rombongan Belajar (Rombel) dengan Jumlah siswa per rombel sebanyak 36 Siswa.
  2. Jumlah peserta didik yang akan diterima : 360 Orang dengan perincian sebagai berikut :
    a. Jalur Zonasi minimal 50 % = 180 Orang
    b. Jalur Afirmasi :15 % ( Yatim, Miskin, Berkebutuhan Khusus ) = 54 Orang
    c. Jalur Prestasi Raport : 25 % = 90 Orang
    d. Jaur Prestasi non akademik : 5 % = 18 Orang
    e. Jalur Mutasi orang tua : 5 % = 18 Orang

C. Persyaratan
Persyaratan yang harus dipenuhi peserta didik baru antara lain :

  1. PERSYARATAN UMUM :
    a. Berusia maksimal 15 Tahun ( Pada 18 Juli 2022 ) dibuktikan dengan fotocopy akta kelahiran atau surat kenal lahir (akta asli dikumpulkan)/ (Maksimal Tahun Lulusan 2019/2020 atau 2 tahun sebelumnya)
    b. Kartu Keluarga Asli + 1 ( satu ) lembar fotocopy yang diterbitkan paling singkat 1 tahun ( Kartu Keluarga Asli dikumpulkan ) (Diberi nomor 1)
    c. Surat Keterangan Lulus Asli (Diberi nomor 2)
    d. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) asli dari sekolah asal (Diberi nomor 3)
    e. Surat Pertanggungjawaban Mutlak ( Disediakan ) (Diberi nomor 4)
    f. Surat Kesepakatan titik Koordinat ( disediakan ) (Diberi nomor 5)
    g. Mengisi Formulir online( 2 rangkap Print out wajib dibawa ) (Diberi nomor 6)
    h. Print out NISN dari Website (Diberi nomor 7)
    i. Buku raport SD Asli (Diberi nomor 8)
    j. Khusus bagi pendaftar lulusan SD/MI tahun sebelumnya wajib menyerahkan surat keterangn sedang tidak bersekolah dari kepala desa. (Diberi nomor 9)
    Nomor ditulis di pojok kanan atas dokumen
  2. PERSYARATAN KHUSUS JALUR AFIRMASI :
    Selain persyaratan umum ditambah dengan persyaratan sebagai berikut:
    a. Surat bukti keikutsertaan Peserta Didik dalam program penanggulangan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah berupa : KIP, PKH, yang sudah terdaftar dalam DTKS. Surat keterangan miskin tidak berlaku.
    b. Surat Kematian orang tua bagi yang yatim atau yatim piatu (Asli/ warna kuning)
  3. PERSYARATAN KHUSUS JALUR PRESTASI NON AKADEMIK :
    selain persyaratan umum ditambah dengan
    a. Memiliki sertifikat dari kejuaraan/ kegiatan resmi yang dikeluarkan oleh Dinas, Kementrian, Badan/Lembaga/Institusi Pemerintah yang dilaksanakan secara berjenjang seperti: OSN, O2SN, FL2SN, Pasanggiri, LPIR, dan sejenisnya ( Piagam/ Sertifikat asli dan fotocopy yang dilegalisir ) Minimal Juara 1 Tingkat Kecamatan untuk perorangan dan Juara 1 Tingkat Kabupaten untuk beregu.
    b. Memiliki sertifikat atau piagam penghargaan yang diperoleh dari kegiatan resmi yang dikeluarkan oleh Dinas/ Kementrian/ Badan/ Lembaga/ Institusi Pemerinah seperti Gerakan Pramuka, Gerakan Literasi Sekolah, Seni Budaya, Keagamaan, Olah Raga dan sejenisnya. (Sertifikat asli dan fotocopy yang dilegalisir ). Minimal Juara 1 Tingkat Kecamatan untuk perorangan dan Juara 1 Tingkat Kabupaten untuk beregu.
    c. Surat Keterangan dari pengcab atau dinas terkait yang menyatakan piagam kejuaraan tersebut adalah benar
    d. Sertifikat /piagam penghargaan yang diperoleh paling lama 3 tahun dan paling singkat 6 bulan sebelum tanggal 4 Juli 2022
    e. Mengikuti tes kemampuan diri pada tanggal 8 Juli 2022 pukul 14.00
  4. PERSYARATAN JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA DAN PERBATASAN (LUAR KABUPATEN)
    selain persyaratan umum ditambah dengan :
    a. Kartu Keluarga asli + 1 (satu) lembar fotocopy atau surat keterangan domisili dari RT/RW diketahui oleh Lurah/Kepala Desa (pengganti persyaratan umum poin b)
    b. Surat Keputusan perpindahan Tugas Orang Tua (Asli).
    c. Orang tua/Wali yang bukan warga daerah dan dipindahtugaskan ke Daerah karena jabatan, meliputi TNI, Polisi, PNS Pusat, Karyawan BUMN .
    d. Apabila terdapat sisa kuota pendaftaran PPDB melalui perpindahan tugas orang tua/wali dapat dialokasikan untuk calon peserta didik baru pada satuan pendidikan tempat orang tua wali mengajar.

D. Sistem Seleksi :
Seleksi dilaksanakan apabila pendaftar melebihi daya tampung yang tersedia , seleksi dilaksanakan dengan cara :

  1. Jalur Zonasi : Diseleksi berdasarkan jarak terdekat tempat tinggal pendaftar ke SMPN 3 Cileungsi
  2. Jalur Afirmasi , jika melebihi daya tampung di seleksi berdasarakan jarak
  3. Jalur Prestasi Raport, jika melebihi daya tampung diseleksi berdasarkan Jumlah Nilai Raport kelas IV Semester 1 dan 2, Kelas V semester 1 dan 2 dan kelas VI Semester 1.
  4. Jalur Prestasi non akademik jika melebihi daya tampung diseleksi berdasarakan skor peroleh piagam / penghargaan, juga hasil uji kompetensi.
  5. Jalur perpindahan orang tua dan daerah perbatasan, jika melebihi daya tampung diseleksi berdasarkan nilai Raport.
  6. Jalur Prestasi nilai raport ditentukan bedasarkan peringkat Jumlah nilai , dengan ketentuan bila pada passing grade (Batas akhir jumlah siswa yang akan diterima) terdapat jumlah nilai yang sama, maka diambil jarak yang terdekat.
  7. Alur PPDB SMP Negeri 3 Cileungsi
  8. Calon Peserta Didik menentukan jalur apa yang akan dipilih
  9. Calon Peserta didik menyiapkan seluruh persyaratan sesuai jalur
  10. Lakukan persiapan pendaftaran online dengan mengakses website PPDB SMPN 3 Cileungsi bukti pendaftaran wajib dicetak (dilarang mendaftar menggunakan HP)
  11. Calon Peserta didik/ orangtua melakukan verifikasi dengan cara datang ke SMPN 3 Cileungsi membawa persyaratan sesuai jalur yang ditempuh, calon peserta didik/orangtua akan diberi tanda bukti penyerahan berkas
  12. Khusus calon peserta didik jalur non akademik wajib mengikuti tes potensi yang akan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2022 pukul 14.00 WIB
  13. Calon peserta didik mengambil hasil seleksi PPDB pada tanggal 11 Juli 2022
  14. Calon peserta didik yang diterima melakukan daftar ulang pada tanggal 12 – 13 Juli 2022 Pukul 08.00 – 14.00 ( Siswa dan orang tua wajib hadir ).


    E. LINK PENGISIAN FORMULIR PPDB AKAN DIINFORMASIKAN PADA 4 JULI 2022